Instalasi Saluran Air (Plumbing)

Instalasi Saluran Air (Plumbing)

Apa Itu Plumbing?

Plumbing juga adalah istilah yang digunakan untuk menyebut sistem perpipaan. Sumber: Pixabay - Archermech
Plumbing adalah adalah sistem pipa dan perlengkapan yang dipasang di gedung untuk distribusi dan penggunaan air minum (minum) dan pembuangan limbah yang terbawa air. Plumbing biasanya dibedakan dari sistem air dan pembuangan limbah yang melayani sekelompok bangunan atau kota.
Plumbing juga adalah istilah yang digunakan untuk menyebut sistem perpipaan. Kata plumbing sendiri berasal dari bahasa Inggris yang berarti suatu sistem berisi rangkaian pipa, tangki, dan peralatan lain untuk keperluan penyediaan air, pemanas, serta sanitasi pada bangunan. Saat ini, banyak pembangunan gedung yang bermasalah dengan pengelolaan air, baik itu untuk perolehan air bersih maupun pembuangan air kotor. Plumbing menjadi solusi atas permasalahan tersebut.
Dengan demikian, plumbing adalah suatu sistem pengelolaan air pada bangunan yang mengatur tentang pemasangan pipa, tangki, dan peralatan lainnya. Sistem ini mengatur penyediaan air bersih, distribusi air bersih, hingga pembuangan dan pengelolaan air kotor agar tidak mencemari lingkungan di sekitar bangunan.

Sistem plumbing adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari bangunan gedung, oleh karena itu perencanaan sistem plumbing haruslah dilakukan bersamaan dan sesuai dengan tahapan-tahapan perencanaan gedung itu sendiri, dalam rangka penyediaan air bersih baik dari kualitas dan kuantitas serta kontinuitas maupun penyaluran air bekas pakai atau air kotor dari peralatan saniter ke tempat yang ditentukan agar tidak mencemari bagian-bagian lain dalam gedung atau lingkungan sekitarnya.

Fungsi utama peralatan plumbing gedung adalah menyediakan air bersih dan atau air panas ke tempat-tempat tertentu dengan tekanan cukup, menyediakan air sebagai proteksi kebakaran dan menyalurkan air kotor dari tempat-tempat tertentu tanpa mencemari lingkungan sekitarnya.

Layanan Jasa Plumbing

  • Instalasi Plumbing Sistem Air Bersih.
  • Instalasi Plumbing Sistem Air Kotor Dan Air Bekas.
  • Instalasi Plumbing Sistem Venting.

Fungsi penerapan sistem plumbing adalah sebagai berikut:
  • Menyediakan air bersih pada bangunan
  • Menyediakan sistem distribusi air bersih pada area yang dikehendaki dalam sebuah bangunan.
  • Menyediakan sistem pembuangan air kotor yang aman agar tidak terjadi pencemaran pada bangunan.
  • Menyediakan sistem ventilasi udara agar sirkulasi udara di dalam gedung tetap terjaga, terutama pada area pembuangan air kotor.
  • Menjadi sistem pencegah kebakaran.
  • Menjadi sistem distribusi air hujan.
  • Meningkatkan kenyamanan pengguna bangunan.

Jangkauan Layanan :

Balikpapan Berau Bontang Bulungan Kutai Kutai Barat Kutai Timur sangata wahau Malinau Nunukan Pasir Penajam Paser Utara Samarinda Tarakan makasar palu mamuju gowa kendari menado buol banggai donggala bungku kolanedale perigi poso sigi biromaru ampana tolitoli bantaeng barru bone bulukumba enrekang jeneponto kepulauan selayar luwu maros pangkajene pinrang watang sidenreng sinjai soppeng takalar tana toraja toraja utara wajo

Instalasi Saluran Air (Plumbing) Instalasi Saluran Air (Plumbing) Instalasi Saluran Air (Plumbing)

No Comments

Post A Comment